Perjumpaan Dengan Pak Romi

Kisah ini bisa dijadi referensi bagi rekan-rekan yang sedang bingung mencari pembicara seminar/ workshop IT atau bahkan dosen tamu untuk matakuliah.

Kisah ini diawali dengan sebuah tugas yang harus saya emban, tugasnya adalah mencari dosen tamu untuk matakuliah metode penelitian dan pembicara untuk seminar IT di kampus ku. Pencarian ku dimulai dari mesin pencari favorit ku “Uncle Google” dengan kata kunci “metode penelitian”. Hasil pencarian menghasilkan beberapa nama, salah satu diantaranya adalah “Romi Satria Wahono”. Kemudian penelusuran aku lanjutkan dengan mencari biografi beliau. Setelah mendapatkan biografi pak romi, biografi tersebut aku cetak, kemudian aku minta pendapat beberapa teman tentang pak romi. Teman-teman menyetujui jika pak romi dijadikan kandidat sebagai dosen tamu pada matakuliah metode penelitian dan pembicara dalam seminar penelitian. Tugasku selanjutnya adalah membuat kontak dengan pak romi.

Kontak pertama kulakukan melalui email (email pak romi kudapatkan dari biografi beliau), tanpa basa-basi dalam email setelah memperkenalkan diri langsung ku utarakan maksudku mengontak beliau. 1 minggu berlalu belum ada balasan dari beliau. Ku baca lagi biografi beliau, dari sana kudapatkan identitas “YM” beliau. Kucoba “add contact” id beliau di “YM” ku. Alhamdulillah, beliau menerima kontakku.

Kesan pertama waktu kontak via ym dengan pak romi, adalah “kok dicuekin ?” karena waktu pak romi cuma menjawab “salam kenal” habis itu aku di diemin. Namun aku berpikiran mungkin karena pak romi lagi sibuk. Kali kedua aku coba kontak, dan pada kesempatan ini aku juga masih merasa “dicuekin”. Tidak putus asa, kembali aku kirim email ke pak romi dengan subjek yang sama pada emailku yang pertama, setelah 3 hari, belum juga dibalas. Setengah berputus asa, aku coba aktif kembali di ym (pak romi biasanya ol sore hari) dan ternyata pak romi sedang ol. Alhamdulillah pada kesempatan ini aku berhasil mengutarakan maksud untuk mengundang pak romi sebagai dosen tamu dan pembicara seminar. Dari pembicaraan ini secara prinsip pak romi setuju, dan beliau memberikan nomor HPnya.

Sejak saat itu komunikasi berlanjut via email maupun ym. Tiba detik-detik kedatangan pak romi, aku terus kontak beliau baik konfirmasi kembali mengenai jadwal acara, latar belakang peserta (hal ini penting bagi pak romi), jumlah peserta dan akomodasi beliau.

Tiba saatnya penjemputan pak romi di bandara, saat itu aku ditemani pak wawan. Hal yang kami bincangkan adalah, apakah wajah pak romi sama seperti di foto? (biografi). Karena sudah pasti pak romi tidak mengenal kami, dan kami tidah membaca secarik kertas bertuliskan nama pak romi, waduh gimana ini?. Tak lama pesawat yang ditumpangi pak romi mendarat, hati tambah berdebar (seperti saat akan berjumpa seorang kekasih). Alhamdulillah, pak romi tidak sulit untuk dikenali, dan sama seperti yang difoto (maaf ya pak, difotonya terlihat lebih putih🙂 ). Singkat cerita, 3 hari bersama pak romi, banyak sekali pelajaran-pelajaran yang bisa kami petik, ternyata pak romi itu orangnya asyik banget. Ok deh, sampai ketemu di lain waktu ya pak.

Thanks to Romi Satria Wahono.

Tinggalkan komentar

Filed under Sahabat

Tinggalkan Balasan

