Menyimak Kelangkaan BBM di Jambi

Menurut sumber: Liputan6.com, Jambi: Kelangkaan bahan bakar minyak di Jambi sudah memasuki pekan ketiga dan semakin parah. Untuk mendapatkan bahan bakar, warga harus menginap di stasiun pengisian bahan bakar umum karena panjangnya antrean. “Dari malam saya nginap,” kata Gindo, Rabu (9/7) [baca: BBM Langka, Angkot Tak Beroperasi].

Di Semarang, Jawa Tengah, kelangkaan bahan bakar terus meluas. Kelangkan tak hanya terjadi di Semarang, bahkan sudah mencapai Kabupaten Kendal [baca: SPBU di Lampung Kekurangan Premium].

Hampir seluruh kelangkaan diakui Pertamina akibat kendala teknis. Di Jateng, terkendala lambannya administrasi kapal oleh Bea dan Cukai karena bahan bakar didatangkan dari luar negeri. Sedangkan di Jambi akibat tongkang kecelakaan.

Pertamina berjanji pasokan bahan bakar di Jambi akan pulih karena bongkar muat dilakukan hari ini. Sementara di Jateng segera pulih dalam dua hari.(BOG/Tim Liputan 6 SCTV)

Kelangkaan BBM di Jambi sudah dimulai sejak beberapa waktu lalu seiring dengan kenaikan harga BBM. Namun pertanyaan yang timbul dibenaku apasih yang menyebabkan BBM ini langka? Apakah benar seperti yang disebutkan berita diatas? lambannya administrasi kapal kah? atau kecelakaan tongkang?

Dua hari yang lalu meskipun di SPBU mengantri aku masih bisa mendapatkan BBM eceran, namun kemaren sore BBM eceran pun tidak bisa didapatkan, derigen yang biasanya berisi BBM eceran pun terbaring manis ditempatnya. Jadi malam ini untuk mendapatkan BBM aku harus antri.

Maksud hati mau ikutan antri isi BBM di SPBU terdekat yaitu di SPBU beringin nggak taunya, baru mau keluar simpang beringin IV udah ada antrian yang panjang, lalu kuputuskan untuk beralih ke SPBU bandara, ternyata sudah tutup (memang tidak buka malam hari) dasar iseng. Kemudian dengan sedikit was was kehabisan bahan bakar kupacu sepeda motorku ke SPBU depan persijam, eh nggak taunya antrian sudah sampai simpang bukit baling. Tidak putus asa, aku pacu kembali sepeda motorku ke SPBU talangsari, tidak jauh beda kondisi disana antrian juga sudah panjang. Bukan nya aku malas mengantri di salah satu SPBU tadi, yang jadi masalah adalah, stok BBM di SPBU sudah habis, jadi para pengantri tersebut menunggu pasokan BBM yang datangnya nggak tau jam berapa. Salut! kepada pengantri yang sampai menginap untuk mendapatkan BBM. Wal hasil…aku harus share BBM dengan adikku, lumayan lah buat berangkat kerja besok pagi.

Saat aku berangkat kerja tadi pagi, masih terlihat antrian panjang didepan lorong rumahku. Dan ironisnya lagi saat aku memberikan matakuliah pagi ini, setengah dari mahasiswaku tidak masuk? mungkinkah ini dampak dari BBM? memang tadi pagi di jalanan sangat sepi kendaraan (angkot) dan di parkiran kampus juga terlihat sepi.

Smoga kelangkaan BBM ini tidak berlangsung lama.

Tinggalkan komentar

Filed under Pengamatan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s