Belanda dan Eropa Bantu Pendidikan Indonesia Rp459 Miliar

Sumber : http://www.mediaindonesia.com/index.php?ar_id=MTkwOTg=
Penulis : Sidik Pramono
JAKARTA–MI: Pemerintah Belanda dan Komisi Eropa bersepakat membantu Indonesia dalam bentuk dana hibah untuk pengembangan program kapasitas pendidikan dasar (Basic Education Capacity-Trust Fund) atau BEC-TF.

Pada tahap pertama, nilai hibah BEC-TF yang diberikan kepada Indonesia mencapai 39 juta euro atau US$51 juta (sekitar Rp459 miliar). Dari nilai tersebut, US$33 juta akan dikelola pemerintah Indonesia dan US$18 juta dikelola Bank Dunia.

Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah (Mandikdasmen) Depdiknas Suyanto , Jumat (25/7) mengatakan, program BEC-TF tersebut, ditujukan bagi upaya peningkatan kapasitas pemerintah daerah agar dapat meningkatkan peran dan tanggungjawabnya dalam konteks desentralisasi.

Kapasitas yang dikembangkan antara lain mencakup penguatan perencanaan, manajemen keuangan, manajemen SDM serta sistem monitoring dan evaluasi, ujar Suyanto disela sosialisasi dan lokakarya seleksi kabupaten kota calon penerima program BEC-TF tahun 2008-2009 di Depdiknas, Jakarta.

Adapun penerima dana hibah BEC-TF, lanjut Suyanto, untuk jenis hibah peningkatan kapasitas meliputi 50 kabupetan/kota, hibah program rintisan meliputi 6 kabupaten, dan 30 sekolah, serta hibah program pusat pembelajaran yang berhasil diperuntukkan bagi 6 institusi pendidikan.

Pemerintah mengaharapkan agar dana hibah tersebut, dapat dikelola dengan baik sebagai investasi dibidang pendidikan di masa yang akan datang, kata Suyanto yang didampingi Direktur Pembinaan TK dan SD Mudjito.

Selain itu, kata Suyanto, dengan adanya bantuan hibah tersebut, juga diharapkan dapat  menyelesaikan kebijakan desentralisasi pendidikan di Indonesia yang hingga kini belum tuntas dan terlaksana dengan baik. (Dik/OL-03)

Ya, Semoga saja sekolah yang mendapat bantuan adalah sekolah yang benar-benar layak dibantu, bukan karena hasil kolusi dan Semoga saja dana tersebut memang dikelola dengan benar! artinya tidak ada kebocoran di sana-sini. Sehingga atap  sekolah nggak bocor lagi, terutama untuk daerah-daerah terpencil. Ujung-ujungnya agar kualitas pendidikan dasar di indonesia meningkat.

Tinggalkan komentar

Filed under Pengamatan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s