Jarkom

Tugas NA Kelas 01PT7 (3 sks) 9 Nopember 2013
1.Jelaskan perbedaan VLAN dan LAN, kenapa VLAN diperlukan?
2.Jelaskan perbedaan Data VLAN, Native VLAN dan Management VLAN?
3.Bagaimana agar Port bisa berkomunikasi pada VLAN? Jelaskan!
4.Jelaskan tentang komunikasi Intra VLAN dan Inter VLAN!
5.Jelaskan perbedaan modus port static VLAN, dinamic VLAN dan voice VLAN!
6.Jelaskan tentang VLAN Trunk!
7. Jelaskan tentang frame tagging, kenapa diperlukan

Jawaban di tulis di kertas double folio, dikumpulkan pada tanggl 16 Nopember 2013

Tugas Jaringan Komputer Kelas : 07MT4 semeter Genap 2012/2013 Lihat disini

Beberapa Tulisan di Situsnya pak Romi(www.romisatriawahono.net)

QUIZ (Review Materi Kuliah)

  • Review materi Wireless Router untuk Kelas 01PT7 Networking Advance silahkan klik disini. Batas pengerjaan quis sampai dengan tanggal 27 Januari 2011.
  • Buat Kelas 06MT3 dan 07MT3, soal quiz dapat dilihat pada link berikut : Quiz Review materi Planning and Cabling Network , Batas pengerjaan quiz sampai dengan tanggal 7 Februari 2010.

15 responses to “Jarkom

  1. Pak saya mau bertanya, di tempak saya bekerja memiliki gangguan dalam jarigan, kami hanya menggunakan hub dan 9 pc, gangguannya ialah tidak mau membaca file yang ada di network place, tetapi program perusahaan yang di sharingkan melalui internet protokol mau di baca pc pc lain, kira2 apa ya penyebabnya? Mohon dibalas, soalnya teknisi yang biasa lagi pada sibuk dan ini kesempatan untuk saya praktek langsung. . mohon bantuannya :>

  2. Pak saya mau bertanya, di tempak saya bekerja memiliki gangguan dalam jarigan, kami hanya menggunakan hub dan 9 pc, gangguannya ialah tidak mau membaca file yang ada di network place, tetapi program perusahaan yang di sharingkan melalui internet protokol mau di baca pc pc lain, kira2 apa ya penyebabnya? Mohon dibalas, soalnya teknisi yang biasa lagi pada sibuk dan ini kesempatan untuk saya praktek langsung. . mohon bantuannya :}

  3. Pak boleh tanya, kenapa implementasi software pocket-tracer terkadang tidak sesuai pada praktek aslinya, sehingga kadang sering terjadi kendala pada penerapan langsung ke alatnya?
    Mohon komentarnya

    • kbudiz

      Packet tracert merupakan software simulator. Untuk materi CCNA 1 & 2 V 3.0 & 4.0 khususnya untuk latihan konfigurasi router sudah terpenuhi melalui software ini. Pada prinsipnya command yang digunakan pada PT sama dengan prakteknya. Coba anda jelaskan lebih rinci bagian mana yang tidak sesuai menurut anda. Terimakasih

  4. Agus Setyawan 8020070163

    Pak boleh tanya lagi,
    Apa maksudnya ketika kita sudah selesai/sukses konfigurasi dan settingan alat, selain ping (pada konsep contoh pemasangan jaringan Vsat), perlu kita melakukan settingan lain, spt yang sering dikatakan routing, crosspoll, dll..?

    • kbudiz

      Sukesnya konfigurasi suatu alat belum bisa diukur, tanpa melalui pengujian. Pengujian dilakukan untuk memastikan bahwa kedua peralatan (yg dikoneksikan) sudah benar2 terkoneksi.

  5. Agus Setyawan 8020070163

    Pak mau tanya sedikit mengenai hal lain, tapi masih dalam konsep jaringan,,
    Apa perbedaan mendasar antara 3G, GPRS, HSDPA, HSUPA, EDGE ?
    Kenapa jaringan 3G dan HSDPA sering dianggap sama atau sederajad dalam segi penggunaannya??

    Oh iya pak saya ingin beri opini:
    bagaimana kalau pada blog anda diulas tentang wajan-bolic sebagai solusi jaringan yang murah tetapi tetap terjangkau, efektif dan efisien..
    terimakasih,

  6. Andi Hidayat 8020070068

    Malam Pak,

    Saya mau tanya..di tempat saya bekerja terdapat banyak komputer client yang terhubung (share) pada 1 komputer yang dijadikan sebagai tempat untuk mencetak (print) n scan.Tapi jika komputer tersebut telah banyak menerima perintah untuk mencetak dari beberapa komputer yang berbeda,terkadang komputer tersebut menjadi restart dengan sendiri nya dan kadang-kadang pula printer tersebut tidak mau mencetak dan status menjadi offline.Mohon bantuan nya Pak,apa yang perlu di diperiksa dan diperbaiki??

    Terima kasih

    • kbudiz

      Terang saja komputer sering restart, karena terbebani dengan instruksi mencetak dari beberapa komputer. Perlu dicek memori yang tersedia pada komputer tersebut. Printer juga memiliki memori, jadi punya keterbatasan untuk menampung instruksi pencetakan. Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah virus.

  7. Afriyando 8020070056

    pak,mau tambah pertanyaan si agus pak…saya ada gunakan salah satu jaringan yang diantaranya ada pilihan sama yang kayak si agus bilang pak..seperti 3G,GPRS dan lain-lain…nah mohon di jawab pak pertanyaan si agus…
    mengenai wajan-bolic saya pernah baca-baca katanya tu wajan bisa tembus sampe 3 km dari titik batas…nah kalo mau lebih jauh bisa ngak pak??

    mau tanya 1 lagi pak…saya masi kurang ngrt soal beda router dan microtik pak..kemaren kata bapak microtik nama merk aja…jadi microtik itu tetep mengunakan router ya pak??terus cara konfigrasinya sama ya pak??

    mohon di jawab pak biar rasa penasaran saya hilang dan bisa tidur pulas…hehehehe….

    trima kasih..

  8. cristian

    pak, saya mo nanya tentang IP P2P, bisa di kasih penjelasan atau artikel tentang IP p2P??

    thanx b4,

  9. Assalamualaikum pak..met siang..
    saya mw tnya pak tntang tgz jarkom 2 kelas 04PT4,,tgz yang di PDF tu ap tabelnya yg di isi ap esaiNya juga pak yg di isi..???
    terima kasih…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s