Protokol Routing Link State

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang protokol routing link-state. Namun sebelumnya kita ulas kembali tentang protokol distance vector serta perbedaanya dengan protokol routing link-state. Untuk menggambarkan perbedaan protokol routing distance vector dan link state kita dapat menggunakan sebuah analogi. Pada distance vector dianalogikan sebagai sebuah rambu-rambu jalan yang memandu kita dalam perjalanan menuju tujuan, dimana informasi yang tertera hanya jarak dan arah.  Pada link state, protokol routing dianalogikan sebagai sebuah peta. Dengan sebuah peta kita bisa melihat semua rute yang potensial dan menentukan sendiri jalur yang paling kita inginkan.

Protokol routing distance vector seperti rambu-rambu jalan karena router harus membuat keputusan jalur yang paling diinginkan berdasarkan sebuah jarak atau metric ke sebuah jaringan. Seperti halnya  pelancong mempercayai sebuah rambu jalan yang menunjukkan secara tepat arah ke kota berikutnya, sebuah router distance vector mempercayai bahwa router lain telah menginformasikan jarak yang benar ke jaringan tujuan.

Protokol  routing link-state menggunakan pendekatan lain. Protokol routing link-state lebih mirip sebuah peta jalan karena mereka membuat sebuah peta topologi dari sebuah jaringan dan setiap router menggunakan peta ini untuk menentukan jalur terpendek ke setiap jaringan. Sama halnya saat kita mengacu pada sebuah peta untuk menemukan rute ke kota lain, router-router link-state menggunakan sebuah peta untuk menentukan jalur yang paling diinginkan untuk mencapat tujuan lain.

Router yang menjalankan sebuah protokol routing link-state mengirim informasi tentang status link-nya ke router lain dalam wilayah routing. Status dari link ini mengacu pada jaringan yang terhubung langsung pada-nya dan termasuk informasi tentang jenis jaringan dan router-router tetangga pada jaringan tersebut, karena itu dinamakan protokol routing link-state.

Protokol routing link-state dikenal juga sebagai protokol shortest path first dan dibangun atas algorithma shortest path first Edsger Dijkstra’s.

Protokol routing link-stater IP adalah :

  • Open Shortest Path First (OSPF)
  • Intermediate System-to Intermediat System (IS-IS)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s