Tradisi Arakan Pengantin

Dibeberapa daerah di Indonesia tradisi Arakan Pengantin menjadi wajib. Dalam tradisi arakan pengantin, dibeberapa daerah calon pengantin pria diarak menuju calon pengantin wanita, ada juga yang diarak adalah kedua pengantin, cara ini tentu mengikuti tradisi yang di jalan pada daerah tersebut. Di Solok Sumatera Barat misalnya, tradisi arakan pengantin disebut “Arak Bako”. Dalam arak bako ini pengantin pria (marapulai) diarak menuju rumah pengantin wanita (anak daro). Arak bako ini diiringi musik khas talempong. Di beberapa daerah di Banyuwangi, arakan pengantin dilaksanakan setelah akad nikah. Pengantin diarak menggunakan becak atau delman yang telah dihias dan diiringi musik rebana.
Di Betawi calon pengantin pria diarak menuju calon pengantin wanita. Arakan ini diiringi rebana ketimpring. Barisan arakan biasanya diisi oleh para kerabat pengantin pria. Di desa Kapedi, kecamatan Bluto. Pengantin diarak dengan menunggang kuda aserek (berjalan indah). Kuda berjalan mengikuti irama hadrah bek gerbis. Kuda yang ditunggangi pengantin ini dihiasi.Pada masyarakat Banjar prosesi arakan pengantin cukup beragam, salah satunya Usung Jinggung. Arakan pengantin disertai kesenian Sinoman Hadrah atau Kuda Gipang. Di beberapa daerah di Jambi, arakan dilakukan bagi pengantin pria menuju ke rumah pengantin wanita. Arakan diiringi musik “kompangan” (sejenis rebana). Kadang kala iringan ini juga disertai 2 pria yang berpencak silat.
arakan1
Kalau penulis melihat, makna dari arakan ini selain menjalankan tradisi yang turun menurun adalah memberitahukan/ menginformasikan ke masyarakat tentang acara pernikahan tersebut. Keanekaragaman tradisi arakan pengantin ini tentunya merupakan kekayaan budaya yang dimiliki oleh Indonesia, yang sebaiknya terus kita jaga dan dilestarikan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s